Tokopedia Bosowa Berlian

Keterbatasan ruang gerak masyarakat selama pandemi membuat pelaku bisnis harus beradaptasi dengan kebutuhan konsumen. Hal inilah yang mendasari PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor resmi dari Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC) dan PT Bosowa Berlian Motor (BBM) untuk menghadirkan Mitsubishi Fuso Official Store di platform marketplace Tokopedia.

Peluncuran toko online ini merupakan pendekatan yang terbilang baru dalam bisnis kendaraan niaga, mengingat bisnis ini identik dengan business to business yang membutuhkan pertemuan tatap muka. Namun di tengah masa pandemi seperti sekarang yang mengharuskan masyarakat untuk mengurangi kontak fisik, hadirnya Mitsubishi Fuso Official Store di Tokopedia tentunya sangat mempermudah konsumen yang membutuhkan produk kendaraan niaga serta memberikan keleluasaan pilihan bagi mereka.

Untuk mempermudah transaksi pembelian, Mitsubishi Fuso menyediakan 24 Group Dealer yang terkonsentrasi pada 8 titik di Indonesia, yakni Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur (termasuk Bali & NTB), Kalimantan, serta Indonesia bagian timur. Dengan demikian, masyarakat bisa memilih dealer terdekat dengan domisili masing-masing meskipun transaksi dilakukan secara online.

Transaksi produk Mitsubishi Fuso bisa dilakukan dengan cara berikut:

  1. Pilih wilayah yang terdekat dengan Anda.
  2. Pilih dealer yang diinginkan.
  3. Pilih produk, lalu klik ‘Beli Langsung/Tambah Keranjang’.
  4. Lakukan konfirmasi dengan penjual melalui Tokopedia Chat atau kolom diskusi.
  5. Team Salesforce akan memandu proses transaksi
  6. Lengkapi alamat, pilih pengiriman kurir toko, masukkan voucher jika ada, lalu lanjutkan ke metode pembayaran.

Selama pandemi, KTB dan BBM  melakukan banyak penyesuaian komunikasi, salah satunya dengan memanfaatkan pendekatan digital untuk melayani kebutuhan pelanggan dengan menghadirkan Mitsubishi Official Store di Tokopedia. Terobosan pada penyediaan kendaraan niaga ini juga diharapkan dapat berkontribusi pada kinerja penjualan Mitsubishi Fuso di tahun ini. Sejauh ini, KTB berhasil mempertahankan dominasi dengan peningkatan pangsa pasar dari 43,2% pada 2019 menjadi 48,7% pada 2020, dengan total penjualan Mitsubishi Fuso selama Januari-September 2020 sebesar 17.017 unit.