FUSO RUNNER Telematics

Kepala Sub Direktorat Angkutan Barang Direktorat Angkutan Jalan, Alexander Hilmi Perdana S.Si.T., M.Si., menyampaikan bahwa Mitsubishi Fuso menjadi satu-satunya brand kendaraan niaga yang sudah siap mendukung Kemenhub dalam mewujudkan manajemen lalu lintas yang baik dan diharapkan bisa meningkatkan keamanan di jalan raya melalui sistem FUSO RUNNER Telematics. 

RUNNER Telematics merupakan perangkat tambahan berbasis Global Positioning System (GPS) yang akan membantu memudahkan pengendara pada saat berkendara di jalan raya. Perangkat tambahan ini merupakan produk hasil kerja sama Mitsubishi Fuso dengan penyedia GPS Tracking, Enerren. 

Pada teknisnya, parameter sistem GPS ini diatur dalam regulasi KP 2081/AJ801/DRJD/2019 Tentang Petunjuk Teknis Alat Pemantau Pergerakan Kendaraan Secara Elektronik Pada Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum dan KP 3211/AJ.202/DRJD/2020 Tentang Petunjuk Teknis Sistem Pemosisi Global Pada Angkutan Barang Khusus.

Adapun paremeter yang harus dimiliki adalah sebagai berikut:

  • Pengawasan kendaraan secara realtime;
  • Monitor kecepatan dan lokasi kendaraan pada peta;
  • Info lokasi keberangkatan dan kedatangan kendaraan; 
  • Info rute, titik angkut/titik kirim, pembatasan wilayah secara digital;
  • Lama waktu berkendara, jarak berkendara, durasi berhenti, durasi mengemudi, lama waktu mesin beroperasi;
  • Peringatan pelanggaran batas kecepatan;
  • Manajemen aset, dokumen kendaraan;
  • Manajemen pengemudi;
  • Histori rute yang dilalui;
  • Info volume BBM dalam tangki;
  • Info durasi kendaraan dalam diam.

Semua parameter tersebut sudah tersedia dalam sistem RUNNER Telematics yang bisa diakses langsung oleh sistem Kemenhub. 

Fitur-fitur yang tersedia pada perangkat RUNNER Telematics dari Mitsubishi Fuso ini memungkinkan pengendara dan pemilik kendaraan memonitor dan memantau kendaraan mereka secara realtime dan otomatis. Tak hanya itu saja, mereka juga dapat mengatur job order, menghitung jarak tempuh kendaraan, mengecek pemakaian bahan bakar kendaraan, hingga mengecek kapan perawatan kendaraan dilakukan.

baca juga: Common Rail VS Mesin Diesel Konvensional

Bahkan, informasi terkait posisi, arah, kecepatan, dan sejarah rute yang diambil oleh kendaraan bisa dengan mudah diakses melalui layar komputer maupun smartphone pengendara dan pemilik kendaraan. Bukan cuma itu, pemilik dan pengendara juga dapat mengumpulkan data-data penting yang bisa digunakan untuk membantu manajemen operasional truk.

Yuk, gunakan kendaraan niaga dari Mitsubishi Fuso yang didukung dengan sistem RUNNER Telematics, yang telah penuhi parameter sistem GPS dari Kemenhub sehingga membantu melancarkan perjalanan Anda.

Untuk informasi lengkap mengenai truk Mitsubishi FUSO, klik http://bit.ly/TANYABOSOWA atau hubungi Tanya Bosowa di nomor 0852 5554 4464 serta kunjungi outlet Bosowa Berlian terdekat di Kota anda.