Filter Oli

Melakukan ganti oli pada kendaraan merupakan salah satu perawatan yang umum dilakukan oleh para pemiliknya. Apalagi ketika hendak menempuh perjalanan jauh atau medan yang cukup berat. Apapun jenis kendaraannya, pasti akan melakukan ganti oli terlebih dahulu agar perjalanan dapat lancar tanpa kendala, termasuk juga kendaraan niaga seperti truk.

Namun, bagaimana dengan filter oli atau saringan oli? Haruskah komponen ini ikut diganti setiap kali Anda melakukan ganti oli kendaraan?

Ya, Anda sangat disarankan untuk mengganti filter oli setiap kali melakukan ganti oli. Dan berikut ini adalah beberapa alasan yang mendasarinya:

  • Memaksimalkan penyaringan

Tanpa mengganti filter oli, artinya masih ada sisa kontaminan dari oli sebelumnya pada filter. Akibatnya bisa terjadi penyumbatan di area ini sehingga aliran oli menjadi kurang lancar. Selain itu, kontaminan sisa ini justru bisa semakin mengotori oli baru kendaraan Anda. Bahkan bisa ikut mengalir masuk ke area mesin karena fungsi penyaringan yang tidak lagi sempurna.

  • Mengurangi biaya

Tidak lancarnya aliran oli ke area mesin maupun terkontaminasinya oli yang masuk ke area mesin sama-sama membahayakan komponen mesin kendaraan. Fungsi oli sebagai pelumas mesin untuk mengurangi gesekan dan penstabil suhu akan terganggu. Kendaraan akan berisiko mengalami overheat dan komponen yang saling bergesekkan juga menjadi lebih cepat aus. Jika sudah begini, maka biaya perbaikan yang harus Anda keluarkan bisa lebih besar dibanding mengganti filter oli bersamaan dengan ganti oli.

  • Mencegah lupa

Mengganti oil filter di waktu yang berbeda dengan ganti oli artinya Anda harus mengingat kapan waktu terakhir mengganti komponen tersebut dan kapan jadwal penggantian berikutnya? Namun untuk kendaraan niaga yang memiliki tingkat mobilitas tinggi, mengingat hal tersebut bukanlah hal yang mudah. Dampaknya jadwal mengganti oil filter berisiko terlewat sehingga komponen ini tidak lagi bekerja maksimal untuk menyaring oli.

baca juga: Colt Diesel Raih “Best Light Duty Truck” Otomotif Award 2021

Mengenai periode waktu penggantian oli dan juga oil filter tergantung pada jenis oli dan kualitas oil filter yang Anda gunakan, serta kondisi saat berkendara. Untuk kendaraan yang sering menempuh medan berat seperti kemacetan tinggi, jalanan menanjak, dan sejenisnya, interval waktu penggantiannya mungkin lebih cepat. Selain itu, ketika indikator check engine mobil Anda menyala, maka sebaiknya Anda waspada karena mungkin saja menandakan oil filter sudah waktunya diganti.

Untuk keamanan dan kenyamanan dalam berkendara, ada baiknya Anda selalu melakukan perbaikan dan perawatan di bengkel resmi kendaraan Anda. Sebab, teknisi yang menangani kendaraan Anda pasti sudah terlatih dengan kondisi dan beragam teknologi yang digunakan pada kendaraan Anda. Termasuk juga untuk pemilihan oli serta komponen kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan. Dengan begitu, kendaraan Anda selalu berada dalam performa maksimal dan siap digunakan kapan saja.

Filter Oli

Apa Anda tertarik merasakan keuntungan menggunakan Mitsubishi Colt Diesel untuk mendukung kemajuan bisnis Anda?klik http://bit.ly/TANYABOSOWA atau hubungi Tanya Bosowa di nomor 0852 5554 4464 serta kunjungi outlet Bosowa Berlian terdekat di Kota anda.