merawat common rail

Untuk dapat selalu berfungsi dengan sempurna, apapun jenis mesinnya dan bagaimanapun sistem kerjanya, tentu harus dilakukan perawatan secara rutin. Begitu pula dengan mesin diesel yang sudah menggunakan sistem common rail sepertiĀ Mitsubishi Fighter.

Common rail merupakan komponen pada mesin diesel yang berperan penting dalam direct injection system pada mesin diesel. Kendaraan diesel yang sudah menggunakan teknologi ini memiliki berbagai keuntungan, diantaranya:

  • Suara mesin lebih halus
  • Lebih hemat bahan bakar
  • Emisi lebih bersih

Namun, agar sistem ini dapat terus bekerja secara sempurna tanpa masalah, tentulah dibutuhkan perawatan yang tepat. Berikut ini adalah beberapa tips yang harus dilakukan dalam merawat common rail :

  • Ganti saringan bahan bakar secara rutin

Common rail sangat sensitif terhadap kontaminan yang ada pada bahan bakar. Meskipun Anda sudah menggunakan bahan bakar dengan kualitas yang seharusnya, tetapi jika filter atau saringan bahan bakar tidak diganti secara rutin, maka dapat menimbulkan masuknya kontaminan. Ganti pre filter setiap menempuh 40.000 km atau 24 bulan sekali, main filter 20.000 km atau 12 bulan sekali, dan additional filter setiap 10.000 km atau 6 bulan sekali. Jangan lupa untuk membuang kandungan air pada filter bahan bakar setiap kali melakukan penggantian.

baca juga: Fitur RUNNER Telah Penuhi Parameter Sistem GPS dari Kemenhub

  • Ganti saringan udara secara rutin

Selain bahan bakar, masuknya kontaminan melalui aliran udara juga dapat berpotensi merusak sistem. Untuk mencegahnya, selalu bersihkan saringan udara ketika jarak tempuh mencapai 10.000 km atau setelah 6 bulan. Namun ganti saringan udara dengan yang baru jika jarak tempuh sudah 40.000 km atau 24 bulan untuk area normal. Sementara untuk area berdebu, ganti saringan udara setiap 20.000 km atau 12 bulan sekali. Anda bisa membersihkan saringan lebih awal dari waktu yang ditentukan jika indikator saringan udara menyala karena menandakan komponen ini perlu dibersihkan.

  • Pilih oli yang tepat

Selain tingkat kekentalan, jenis oli yang digunakan juga sangat penting untuk diperhatikan oleh pengguna mesin diesel dengan sistem common rail. Pastikan Anda selalu menggunakan oli khusus untuk common rail. Oli tersebut dirancang khusus untuk mendukung sistem kerja common rail sehingga akan membuatnya lebih awet. Untuk Anda pengguna Mitsubishi Fighter, disarankan untuk menggunakan MFGO DH-1.

  • Kualitas Bahan Bakar

Bahan bakar dengan kualitas lebih rendah rendah memang lebih murah sehingga dapat mengurangi biaya transportasi dalam jangka pendek. Namun, bahan bakar tersebut bisa menimbulkan endapan dan juga mengandung sulfur yang cukup tinggi sehingga dapat mengganggu sistem kerja common rail. Pastikan untuk selalu menggunakan bahan bakar dengan kadar cetane yang sesuai dengan rekomendasi pabrik. 

  • Pengecekan rutin

Jangan tunggu kendaraan menunjukkan adanya masalah baru Anda melakukan pengecekan. Ketika kendaraan diesel dengan common rail mengalami masalah, maka proses perbaikannya tidak sesederhana mesin diesel konvensional. Sebab sistem kerja pada common rail sudah terkomputerisasi sehingga satu saja kerusakan mungkin berdampak pada bagian lainnya.

Sangat disarankan bagi Anda pemilik kendaraan diesel dengan sistem common rail untuk selalu melakukan pengecekan dan perbaikan rutin di bengkel resmi. Dengan begitu sistem ini akan selalu bekerja secara maksimal dan ketika ditemukan adanya masalah, dapat segera tertangani secara cepat dan tepat oleh ahlinya. Pastikan juga untuk selalu menggunakan komponen original setiap kali melakukan penggantian komponen.

merawat common rail

Untuk informasi lengkap mengenai truk Mitsubishi FUSO, klik http://bit.ly/TANYABOSOWA atau hubungi Tanya Bosowa di nomor 0852 5554 4464 serta kunjungi outlet Bosowa Berlian terdekat di Kota anda.