Indonesian  English

Powered by Translate
  • Instagram
  • Subcribe to Our RSS Feed

Menikmati Warisan Budaya Bersama Pajero Sport Family Touring

Dec 29, 2015   //   by Muhammad Fitrah   //   Berita  //  No Comments

PSF tanatoraja

Tana Toraja-26 Desember 2015, Touring Pajero Sports Family ‘Trans Celebes’ pun memulai perjalanannya untuk hari ketiga. Dengan titik start di kota Makasar dan finish di Tana Toraja dengan 350 kilometer.

Namun sesuai beragam misi Touring Pajero Family Sports ‘Trans Celebes’ yang salah satunya mengenal budaya hingga menumbuhkan rasa cinta pada Indonesia. Maka perjalanan pun akan singgah ke beberapa tempat untuk menikmati kuliner, meinkmati keindahan alam hingga tempat wisata di pulau Sulawesi.

Khusus hari ini, perjalanan dimulai pada pukul 04.00 WIT karena cukup banyaknya tempat yang akan dituju dan cukup panjangnya jarak tempuh. Saat rombongan Pajero Sport Family bergerak, Adzan Subuh pun terdengar. Masjid Raya di kabupaten Maros untuk menunaikan ibadah dan kembali melanjutkan perjalanan.

Sang Surya pun mulai menunjukan dirinya ketika rombongan PSF ‘Trans Celebes’ memasuki daerah Segeri – kabupaten Pangkep yang terkenal dengan kuliner Dange. Kudapan manis dan legit yang dimasak dengan cara dipanggang dibuat dari ketan hitam, kelapa dan gula merah. Selain menikmati kue Dange, rombongan juga menyantap sarapan yang telah dibawa.

Sayangnya salah satu kendaraan dari rombongan Touring Pajero Sports Family ‘Trans Celebes’ mengalami kendala. Beruntung pihak Bosowa yang menyupport perjalanan siap mengirimkan piranti yang diharuskan diganti sehingga seluruh rombongan dapat melanjutkan perjalanan kembali.

Perjalanan pun kembali dilanjutkan menuju ke Tana Toraja, namun kuliner khas Sulawesi kembali menggoda. Kali ini keju ‘asli Indonesia’ atau dikenal Danke yang berasal dari kabupaten Enrekang – Sulawesi Selatan. Rombongan kembali berhenti dan membeli keju Danke untuk dibawa ke Tana Toraja dan akan dinikmati pada malam hari.

Kemudian rombongan melanjutkan perjalanan, kali ini akan singgah ke Rumah Jabatan dari Bupati Enrekang. Seluruh rombongan disambut langsung oleh Drs. H. Muslimin Bando M.pd yang didamping oleh Kapolres Enrekang, Leo Joko Triwibowo. Bupati pun menyatakan sangat terbuka untuk beragam kunjungan dalam menikmati keindahan kabupaten Enrekang. “Dengan banyaknya kunjungan ke Enrekang akan menciptakan beragam peluang masyarakat dalam hal yang positif”.

PSF Gunung Nona

Setelah menyatap hidangan santap siang yang juga didominasi makanan khas Sulawesi, rombongan kembali melanjutkan perjalanan. Jalan yang mendaki dan berliku bukan kendala besar bagi rombongan. Tetapi rasanya tidak lengkap jika tidak berhenti di Gunung Buttu Kabobong atau lebih dikenal gunung Nona untuk menikmati keindahan alam. Photo session pun menjadi menu utama untuk dapat share di berbagai media sosial sehingga akan banyak orang yang sangat ingin mengunjungi Sulawesi.

Tidak terlalu lama perjalanan dilanjutkan ke Tana Toraja. Tiba di Tana Toraja tentu belum lengkap bila tidak beristirahat sejenak di Monumen Perjuangan Toraja Lakipadada sebelum menuju ke Londa, Salah satu gua alam yang difungsikan sebagai makam yang paling popular di Tana Toraja. Londa merupakan kawasan pemakaman kuburan batu atau untuk menyimpan jenazah yang diperuntukan khusus untuk leluhur Toraja dan turunannya.

psf warisan budaya

Di Londa, rombongan PSF ‘Trans Celebes’, langsung memasuki gua untuk mengenal tentang ada istiadat dari masyarakat Tana Toraja. Memang tidak lama karena masih ada satu tempat wisata yang harus dikunjungi yaitu Kete Kesu, sebuah tempat yang telah ditetapkan sebagai Cagar Budaya oleh UNESCO karena memiliki keunikan budaya dari tempat lain.

Sayangnya hujan yang sangat deras sehingga seluruh rombongan tidak dapat melihat Kete Kesu secara baik. Kete Kesu merupakan perkampungan dengan deretan Tongkonan yang saling berhadapan. Tongkonan merupakan rumah adat rumah adat Toraja dengan ukiran yang indah dan susunan tanduk kerbau di bagian depan rumah sebagai penanda status sosial. Dan akhirnya rombongan memutuskan untuk mencari makan malam dan menuju hotel untuk beristirahat agar esok pagi dapat kembali melanjutkan perjalanan

Leave a comment

Login

Lost your password?
Back To Top