Indonesian  English

Powered by Translate
  • Instagram
  • Subcribe to Our RSS Feed

Mitsubishi Klaim Mirage Paling Irit Bahan Bakar

Nov 15, 2016   //   by Muhammad Fitrah   //   Berita  //  No Comments

mirage

PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) percaya diri mengklaim mobil kota andalannya, Mitsubishi New Mirage, sebagai kendaraan yang irit bahan bakar.

Berdasarkan pengujian yang dilakukan Lemtek Universitas Indonesia, mobil bermesin 1.200 cc itu mampu menempuh 24,2 km per liter bahan bakar.

Kemampuan menempuh sejauh 24,2 km per liter tersebut diraih Mitsubishi New Mirage dengan sistem transmisi manual. Sedangkan untuk sistem transmisi otomatis (matik), hasilnya 22 km per liter. Mobil yang dirilis pada 26 Juli 2016 itu diuji pada 26-27 Oktober 2016.

“Tentunya menjadi nilai tambah yang baik sebagai referensi untuk para konsumen kami di Indonesia,” ujar Presiden Direktur KTB Hisashi Ishimaki, Senin (7/11/2016).

Lembaga Teknologi (Lemtek) UI melibatkan enam unit New Mirage varian Exceed, GLS, dan GLX di kondisi berkendara sesungguhnya. Mulai jalan perkotaan, luar kota, hingga jalan bebas hambatan (tol). Selain itu, mobil melahap jalan berbukit di area Jakarta, Ciawi, Puncak, Bandung, dan Purwakarta dengan total jarak tempuh 407 kilometer.

Proses pengisian full-to-full dilakukan dengan mengisi bahan bakar hingga penuh hingga tidak ada udara yang terperangkap. Setelah itu, ditunggu hingga 60 menit sebelum mobil dijalankan. Ketika selesai menempuh jarak pengujian, kendaraan diistirahatkan sehingga bahan bakar tidak mengembang karena panas. Selisih nilai antara awal dan akhir merupakan nilai besar konsumsi bahan bakar pada kendaraan tersebut.

Dari enam kendaraan yang digunakan, hasilnya memang variatif. Untuk transmisi matik, angka terendah adalah 24,95 km per liter, sedangkan untuk transmisi manual 28,72 km per liter. Namun, kemudian diambil angka rata-rata untuk mendapatkan hasil representasi.

”Salah satu yang berkontribusi terhadap deviasi adalah karakter pengemudi,” ungkap Direktur Lemtek UI Bambang Sugiarto.

Leave a comment

Login

Lost your password?
Back To Top