Berita

Mitsubishi New Xpander Jagonya Melibas Berbagai Medan
4 Maret 2022

new xpander

Mitsubishi New Xpander – Bagi sebagian orang di kota besar memiliki mobil umumnya hanya digunakan untuk rutinitas sehari-hari, dengan rute yang memang sudah biasa dilewati dan mungkin hampir tidak pernah mengalami masalah dengan mobilnya. Namun ada kalanya sang pemilik sesekali berkendara dengan rute baru yang belum pernah dilalui seperti berpetualang keluar kota dan tiba-tiba merasa kesulitan sampai merasa mobil yang dimilikinya tidak memenuhi ekspektasi. Terutama kalau medan yang dilaluinya cukup menantang seperti melewati jalanan yang menanjak cukup curam, atau melewati wilayah pegunungan yang berkelok-kelok dan penuh tantangan.

Biasanya pemilik mobil yang mengalami hal ini akan bingung, panik dan langsung menyalahkan mobilnya, dianggapnya mobil miliknya tidak bisa menghadapi rute dengan medan yang cukup menantang. Tapi sebenarnya setiap mobil diciptakan dengan peruntukannya masing-masing, misalnya seperti mobil perkotaan atau city car yang dikhususkan untuk berkomuter di dalam kota.

Tapi bukan berarti mobil jenis city car tidak bisa diajak keluar kota, namun tentunya ada beberapa medan jalan yang memang tidak bisa dilalui oleh mobil city car seperti ini. Lain lagi dengan mobil keluarga atau MPV, sekarang ini banyak MPV yang memang didesain untuk bisa mengakomodir segala kebutuhan keluarga di Indonesia. Mulai dari penggunaan di dalam kota untuk kegiatan sehari-hari seperti mengantar anak ke sekolah dan berbelanja, hingga untuk perjalanan jarak jauh dan bepergian keluar kota bersama keluarga.

Salah satu mobil MPV yang memang didesain untuk ini adalah Mitsubishi New Xpander, mobil keluarga ini memiliki banyak kelebihan yang bisa mengakomodir segala kebutuhan keluarga di Indonesia. Tidak hanya tampilan dan kenyamanan, tetapi juga kelebihan lain dalam keandalan untuk dikendarai jarak jauh, seperti bepergian keluar kota.

Mitsubishi New Xpander punya kelebihan dengan ground clearance yang cukup tinggi yaitu 225mm sehingga dapat diajak menempuh jalan yang medannya cukup berat, tapi dengan batasannya yang sesuai dengan karakter mobil ya. Bukan berarti Anda bisa membawa New Xpander ini ke jalan yang dikhususkan untuk mobil off-road dengan penggerak empat roda. Tapi kalau hanya medan berbatu dan tidak rata masih bisa dilalui.

Mitsubishi New Xpander juga mendapat sentuhan baru dengan peningkatan kualitas suspensi dan shock absorber yang mendapat tuning terbaru, sehingga menghasilkan pengendalian dan stabilitas yang lebih nyaman untuk pengendaraan yang lebih stabil di jalan yang kasar. Serta, kekedapan kabin ditingkatkan dengan mengoptimalkan insulasi suara untuk memberikan rasa nyaman berkendara dan selama di perjalanan.

Begitu juga dengan melibas jalur tanjakan seperti kalau Anda melewati jalur pegunungan untuk liburan bersama keluarga. Mitsubishi New Xpander masih mumpuni untuk itu, apalagi banyak fitur yang ada di mobil keluarga ini untuk menunjang dan memudahkan pengemudi dalam berkendara.

Salah satunya adalah fitur transmisi CVT yang sekarang terdapat di New Xpander. Fitur ini bertujuan untuk memberikan kenyamanan lebih bagi pengemudi dan penumpang karena akan merasakan pengalaman berkendara yang lebih halus dan juga irit bahan bakar.

Performa CVT New Xpander ini mampu memberikan keseimbangan terbaik antara akselerasi yang maksimal dan tajam layaknya transmisi AT 8 percepatan, efisiensi bahan bakar, kerapatan, serta perpindahan yang mulus.

Bagaimana untuk melibas tanjakan? Transmisi CVT di New Xpander ini juga mampu untuk itu, bukan berarti dengan penggerak roda depan dan transmisi CVT malah tidak bisa melibas tanjakan. Namun belum tentu semua pengemudi paham dengan teknik berkendara yang benar, terutama saat melibas tanjakan.

Memang jika cukup curam akan membutuhkan pengalaman dan juga teknik berkendara yang tepat. Tapi di New Xpander ini juga sudah didesain dengan kondisi jalanan di Indonesia yang memang terdiri dari banyak kawasan pegunungan.

Salah satu kemudahan di New Xpander dengan transmisi CVT ini saat dihadapkan dengan situasi jalanan menanjak adalah Anda hanya perlu memindahkan tuas transmisi dari posisi D ke posisi L. Ya, ini adalah posisi transmisi yang benar untuk posisi menanjak yang cukup curam.

Transmisi CVT di New Xpander ini juga dapat diandalkan di segala medan, bahkan di tanjakan yang cukup ekstrem masih bisa dilalui dengan mudah. Situasi menaklukkan tanjakan ini juga sudah dibuktikan oleh GridOto yang menguji New Xpander di medan menanjak cukup terjal.

Dari video pengujian yang dilakukan oleh tim GridOto untuk membuktikan kemampuan menaklukkan tanjakan dengan transmisi CVT, kabin New Xpander diisi oleh 7 orang penumpang yang bobotnya sekitar 492 kg dan diuji menanjak dengan sudut kemiringan tanjakan sekitar 17 derajat, Hasilnya mobil New Xpander dapat dengan mudah menaklukkan tanjakan tanpa kesulitan yang berarti.

Selain itu, sebenarnya untuk bisa menaklukkan medan jalan yang penuh tanjakan dan juga berkelok-kelok adalah dengan memanfaatkan momentum. Ini yang biasanya kurang dipahami oleh pengemudi pemula ketika dihadapkan dengan medan yang cukup menantang.

Jika mobil sudah mendapatkan momentum sebelum menghadapi jalan menanjak, maka beban mesin akan lebih ringan dan tentunya dapat melewati tanjakan tersebut dengan mudah. Tapi jika tidak ada momentum maka kinerja mesin akan lebih berat, itu sebabnya harus dibantu dengan memindahkan posisi transmisi dari D ke L sehingga mobil akan mampu melalui medan tersebut.

Dengan gigi berada di posisi tersebut, pastinya daya puntir lebih maksimal dan tidak ada masalah saat melewati tanjakan dengan kemiringan yang ekstrem sekalipun. Sementara untuk menurun, mobil akan menahan kecepatan di gigi terendah sehingga engine brake akan berfungsi menahan laju mobil.

Itu sebabnya saat hendak melakukan perjalanan sebagai pengemudi maka yang diperlukan adalah, memahami medan yang akan dilalui, kemampuan berkendara, dan memahami kelebihan dan kekurangan mobil yang digunakan.

—————————————————————-

Untuk informasi lengkap kendaraan Mitsubishi, klik http://bit.ly/TANYABOSOWA atau hubungi Tanya Bosowa di nomor 0852 5554 4464 serta kunjungi outlet Bosowa Berlian terdekat di Kota anda.

—————————————————————-

Aksesoris original Mitsubishi Xpander dapat dibeli di dealer Bosowa Berlian di seluruh Indonesia Timur. Untuk pemenuhan Aksesoris Mitsubishi Xpander klik website Keranjang Belanja atau download applikasinya via Google PlayStore dan dapatkan penawaran Istimewa dari kami.