Berita

Bahaya Jika Sering Mengisi Bahan Bakar Ketika Tangki Kosong
4 April 2021

Mengisi bahan bakar minyak (BBM) sudah menjadi kewajiban bagi setiap pemilik kendaraan. Tanpa BBM, tentu saja Anda tak bisa berkendara hingga mencapai tujuan. Nah, bicara soal mengisi BBM, ternyata ada sedikit fakta yang keliru namun sering diterapkan, yaitu mengisi BBM ketika tangki benar-benar kosong atau indikator sudah menunjukan huruf E.

Mengisi bahan bakar

Ya, sebaiknya cara yang disebut di atas jangan dijadikan sebuah kebiasaan. Sebab, hal jika dilakukan terus menerus justru akan menyebabkan beberapa masalah, antara lain:

Pertama, muncul karat pada tangki BBM karena jika sering dibiarkan kosong akan memiliki banyak udara yang berasal dari kondensasi atau perubahan uap BBM yang menjadi air. Terlebih, jika mobil sering disimpan di luar ruangan, dan terkena paparan sinar matahari langsung.

baca juga: Mobil Terjebak Banjir? Ini yang Harus Anda Lakukan

Nah, jika hal ini sering terjadi, bukan tak mungkin tangki BBM akan memiliki banyak air, kemudian muncul karat yang menggerus dinding tangki. Seperti diketahui, massa air lebih berat dibandingkan minyak, sehingga air akan turun ke bawah dan menempel langsung di tangki.

Kedua, selain air dan serpihan karat, juga terdapat kotoran BBM yang mengendap di dasar tangki. Dan ketika kendaraan dinyalakan dalam kondisi tangki kosong, kotoran ini dapat ikut terhisap oleh pompa bahan bakar dan kemudian lama kelamaan akan mengganggu kinerja pompa bahan bakar dan sistem injeksi.

Apabila hal ini terjadi, maka bukan tak mungkin mobil akan mogok. Oleh karena itu, satu cara yang bisa dilakukan adalah menguras tangki bahan bakar agar kondisinya kembali bersih.

Ketiga, isi BBM saat tangki kosong bisa menambah rasa was-was. Hal ini karena Anda akan merasa khawatir mobil akan kehabisan bahan bakar dan berakhir mogok di jalan.

Itulah beberapa fakta jika Anda sering mengisi BBM saat tangki kosong. Oleh karena itu, sebaiknya isi BBM sebelum indikator sampai di huruf E atau lampu indikator BBM menyala.

Jangan lupa untuk selalu melakukan pengecekan berstandar dan prosedur resmi di bengkel resmi Mitsubishi untuk memastikan kondisi kendaraan Anda selalu dalam kondisi prima.