Berita

Begini Cara Kerja Brake Auto Hold, Fitur Kemudahan Berkendara
16 Januari 2022

Perkembangan teknologi juga membuat perkembangan fitur di mobil modern sekarang ini semakin canggih. Tujuan dari hadirnya fitur-fitur canggih di mobil sekarang ini adalah untuk memudahkan pengemudi dan juga membantu meminimalisir terjadinya kecelakaan di jalan.

Brake Auto Hold

Salah satu fitur canggih yang bertujuan memudahkan pengemudi agar semakin nyaman saat berkendara dengan mobil Mitsubishi adalah Brake Auto Hold (BAH). Fitur ini sudah tersedia di mobil terbaru New Xpander dan juga New Xpander Cross, selain juga ada di Mitsubishi Pajero Sport dan Eclipse Cross.

Hadirnya fitur Brake Auto Hold ini biasanya dibarengi dengan kehadiran fitur Electric Parking Brake (EPB) di mobil. Untuk itu mari kita bahas mengenai fitur EPB ini terlebih dahulu. Rem parkir elektronik atau EPB ini mengeliminasi adanya tuas rem parkir yang sudah sejak dulu digunakan di mobil, sekarang berubah menjadi sebuah tombol untuk mengaktifkan rem parkir ini.

Sistem elektrik ini membuat pengemudi hanya cukup menekan tombol untuk mengaktifkan rem parkir, di mana motor listrik pada setiap kaliper rem akan menekan bantalan ke dalam cakram sehingga rem akan mengunci roda.

Untuk melepas rem parkir ini juga cukup dengan menekan tombol ke arah berlawanan dan rem parkir pun akan terlepas dan roda mobil tidak terkunci.

Lalu apa hubungannya EPB dengan fitur BAH ini? Salah satu keuntungan menggunakan rem parkir elektrik ini adalah mobil bisa dilengkapi dengan fitur BAH. Fitur ini berfungsi untuk menahan pedal rem secara otomatis ketika kendaraan dihentikan, tanpa kaki harus menginjak rem secara terus menerus.

Cara kerja fitur Brake Auto Hold
Fitur ini akan bermanfaat atau bisa diaktifkan ketika kendaraan melaju di kondisi berhenti atau saat berada di tanjakan maupun turunan. Selain itu fitur ini juga bisa dimanfaatkan pada kondisi macet di daerah perkotaan ataupun ketika kendaraan berhenti di lampu merah.

Jika pada mobil biasa Anda harus terus menerus menginjak pedal rem saat kondisi macet, dengan adanya fitur ini maka pengemudi tidak perlu menginjak pedal rem secara terus menerus. Cukup menekan tombol Brake Hold ini maka pengemudi dapat melepaskan pijakan dari pedal rem dan mobil akan tetap berhenti meski dengan posisi tuas transmisi di posisi D.
Sistem ini akan otomatis melepas rem ketika pengemudi kembali menginjak pedal gas dan mobil akan langsung bisa melaju kembali.

Berikut adalah cara agar fitur BAH ini bisa diaktifkan atau digunakan ketika berkendara

Pastikan bahwa sabuk pengaman dan pintu pengemudi terpasang atau tertutup rapat. Fitur brake hold tidak akan aktif apabila sistem mendeteksi bahwa sabuk pengaman atau pintu pengemudi tidak terpasang atau tertutup rapat.

Pastikan fitur BAH dalam kondisi stand by (siaga). Caranya dengan menekan dan tahan tombol BAH hingga lampu indikator (HOLD) berwarna putih muncul di meter cluster dan  lampu indikator “A” pada tombol BAH menyala.

baca juga: Ketahui Pentingnya Merawat Kelistrikan Kendaraan

Setelah lampu indikator huruf “A” menyala, Anda bisa melepas pijakan kaki dari pedal rem.
Sistem Brake Auto Hold ini akan secara otomatis tidak aktif ketika mesin dimatikan, Anda menginjak pedal rem dan tuas transmisi berpindah ke posisi P atau N, sabuk pengaman pengemudi tidak terpasang dan pengereman dengan Brake Hold sudah lebih dari 10 menit.

Namun, jangan mengandalkan BAH dalam kondisi tertentu seperti berikut:

  • Kondisi tanjakan atau kemiringan terlalu curam,
  • Kondisi jalan yang licin

Karena sistem mungkin tidak dapat menahan kendaraan dalam kondisi diam.

Informasi lengkap fitur  kendaraan Mitsubishi, klik http://bit.ly/TANYABOSOWA atau hubungi Tanya Bosowa di nomor 0852 5554 4464 serta kunjungi outlet Bosowa Berlian terdekat di Kota anda.